Inilah Alat Kontrasepsi yang Tidak Menjadikan Gemuk

Dalam dunia kesehatan yang modern sekarang ini. Banyak wanita yang seringkali sulit menggunakan alat kontrasepsi yang berupa oral atau pil dengan berbagai macam alasan. Mulai dari munculnya jerawat sampai masalah kenaikan berat badan sering menjadi alasan wanita untuk tidak menggunakan jenis kontrasepsi pil ini. Padahal yang diinginkan wanita adalah alat KB yang tidak bikin gemuk.

Bagaimanapun rencana yang Anda buat, entah ingin punya anak lagi ataupun tidak. Anda wajib kenali lebih dulu jenis kontrasepsi yang bisa anda pilih.

Tips Memilih Alat Kontrasepsi KB

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda ingin memilih kontrasepsi atau alat KB:

Yang pertama adalah tujuan anda menggunakan kontrasepsi. Apakah tujuannya membuat jarak usia anak, menunda, atau tidak ingin hamil lagi? Untuk anda yang ingin menunda, metode KB dengan sterilisasi atau operasi untuk wanita atau yang sering disebut tubektomi bukan pilihan yang tepat, ini karena sifatnya permanen.

Selanjutnya kenalilah riwayat kesehatan keluarga. Ketika anda memilih metode KB, Anda juga perlu untuk menyesuaikan dengan kondisi ataupun riwayat kesehatan. Ceritakan pola makan dan aktivitas anda sehari-hari. Selain itu, cobalah konsultasi dengan dokter jika memang ada riwayat kanker ataupun tumor dalam keluarga. Juga mengenai hasil pemeriksaan kesehatan lain, misalnya tekanan darah, dll.

Berapa besar efektifitas metode KB dalam mencegah kehamilan. Jadi sebelum anda menentukan pilihan, baiknya cari tahu mengenai tingkat efektivitas dari tiap alat kontrasepsi terlebih dahulu. Cari info sebanyak-banyaknya bisa melalui buku, majalah, lewat internet, atau rekomendasi teman. Hal ini berguna untuk mengetahui tingkat efektivitas, efek samping yang mungkin timbul, jangka waktu penggunaan, dll.

Pilih yang membuat Anda nyaman terutama alat KB yang tidak bikin gemuk. Apa Anda lebih senang memakai kontrasepsi mekanik, oral ataukah implan? Setelah anda tahu info mengenai beragam metode KB, tujuan, serta berkonsultasi pada dokter, Anda pun bisa memilih metode yang menjadikan anda nyaman.

Ini dia Pil KB Yang Tidak Bikin Gemuk

Jika berdasarkan pada temuan terbaru Bayer Schering Pharma, sebuah pil kontrasepsi yang mengandung Drospirenon mempunyai manfaat perlindungan kombinasi unik. Drospirenon ini adalah hormon yang mirip dengan progesteron. Yakni salah satu hormon yang ada dalam tubuh yang dapat mengurangi keluhan ketika pemakaian kontrasepsi oral.

Pil KB yang mengandung Drospirenon regimen 24/4 di dalamnya terdapat 24 pil aktif juga empat pil plasebo. Salah satu manfaat saat pemakaian pada wanita adalah tidak menimbulkan fluktuasi hormon jadi tetap stabil. Inilah yang mempengaruhi kondisi saat Pre Menstrual Syndrom ataupun Pre Menstrual Dysphoric Disorder.

Drospirenon ini mempunyai profil farmakologis yang serupa dengan progesteron alami. Memiliki efek anti-mineralokortikoid juga anti-androgenik. Drespirenon tak mengandung aktivitas estrogenik, androgenik, glukokortikoid atau anti-glukokotikoid.

Kelebihan Pil KB Dengan Drespirenon

Sifat anti-mineralokortikoid pada Drespirenon berfungsi untuk tidak menaikkan berat badan. Dengan kata lain ini adalah Pil KB yang tidak bikin gemuk tubuh anda. Selain itu dapat mengurangi gejala kembung atau bloating, memperbaiki mood saat menjelang haid dan tidak menaikkan tekanan darah.

Jumlah hormon estrogen yang sangat kecil sekitar 0,2 mikro menjadikan pil KB dengan Drospirenon bisa menurunkan risiko fibroid atau tumor jinak di rahim, mengurangi risiko penyakit radang panggul atau Pelvic Inflamatory Disease, kista indung telur, mengurangi insiden tumor jinak payudara, mengurangi risiko kemahilan di luar kandungan atau ektopik serta dapat memperkecil insiden menoragia atau pendarahan berat juga kekurangan zat besi yang disebabkan karena anemia.

Sedangkan untuk sifat anti-androgeniknya membuat pil KB dengan Drespirenon ini dapat mengurangi produksi sebum, memperindah kulit dan rambut yang disebabkan dari kelebihan hormon pria di dalam tubuh wanita, juga dapat mengurangi jerawat.

Pada jangka panjang, pemakaian pil KB dengan Drepirenon dapat mengurangi risiko kanker endometrium serta kanker indung telur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *