Penyebab Sleep Apnea Dan Cara Pengobatannya

Sleep apnea adalah suatu gangguan pernafasan yang diakibatkan karena terjadi penyempitan pada dinding tenggorokan. Penyempitan ini terjadi karena otot yang terlampau rileks. Selain penyempitan hal ini juga bisa menyebabkan tertutupnya saluran udara. Banyak gejala yang sering muncul ketika seseorang mengalami sleep apnea dan ada beberapa langkah pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini. Dan diartikel ini saya akan coba sedikit mengupas tentang beberapa gejala dari penyakit sleep apnea dan pengobatannya.

penyebab dan cara pengobatan cpap

Sebelumnya anda perlu tahu terlebih dahulu bahwa secara umum sleep apnea dibagi menjadi 2 jenis yaitu ada sleep apnea obstruksi yang diakibatkan karena terlalu berlebih-nya relaksasi yang dialami otot tenggorokan, serta ada sleep apnea sentral yang diakibatkan karena tidak adanya sinyal dari otak ke otot untuk mengatur pernafasan.

Saat terjadi sleep apnea, otak akan mengalami kekurangan oksigen yang akan menjadikan penderitanya terbangun supaya saluran pernafasan terbuka kembali. Penderita sleep apnea memang sering kali tidak menyadari bahwa ia menderita gangguan pernafasan tersebut, namun yang sering dirasakan umumnya adalah akan merasa lelah saat siang hari. Berikut ini adalah beberapa gejala dari sleep apnea saat tidur yang perlu anda ketahui, sehingga nantinya anda bisa menilai sendiri apakah anda termasuk penderita-nya atau bukan.

  1. Saat tidur akan mendengkur dengan keras
  2. Nafas sering terhenti dan terengah-engah
  3. Nafas terasa berat dan berisik
  4. Insomnia atau kesulitan tidur
  5. Sering keluar keringat berlebih saat malam hari
  6. Sering terbangun dan ingin buang air kecil dimalam hari

Selain saat tidur, gejala sleep apnea juga sering muncul dan bisa dirasakan ketika sudah terbangun, gejala tersebut diantaranya yaitu :

  1. Sering merasa ngantuk saat siang hari
  2. Tenggorokan terasa sakit dan mulut kering saat bangun
  3. Saat bangun badan terasa lemas dan tidak segar
  4. Saat bangun sering sakit kepala
  5. Daya ingat dan konsentrasi mengalami penurunan
  6. Pada pria gairah seksual akan menurun atau bahkan mengalami disfungsi ereksi
  7. Depresi, gampang marah dan suasana hati mudah berubah.

Jika berbagai gejala diatas sering anda alami dan mengganggu aktivitas anda sehari-hari maka anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter, agar bisa diketahui secara pasti apa penyebabnya dan bagaimana cara pengobatan yang perlu dilakukan.

Sleep apnea sendiri merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan secara langsung dan penyembuhannya dilakukan secara berangsur-angsur. Untuk itu diperlukan perubahan gaya hidup untuk menyembuhkannya, untuk membantu proses juga bisa dengan memakai alat bantu pernafasan. Pola hidup sehat perlu dijalani, seperti menghindari pemakaian obat tidur, menurunkan berat badan bagi yang obesitas, usahakan ubah posisi tidur dari yang tadinya mungkin terlentang menjadi miring, berhenti merokok dan minum-minuman beralkohol.

Selain perubahan gaya hidup, proses penyembuhan juga bisa menggunakan alat bantu seperti CPAP (Continuous Positive Airway Pressure). Alat ini nantinya akan meniupkan udara bertekanan positif melalui hidung atau mulut untuk mencegah penyempitan atau penutupan pada saluran pernafasan di tenggorokan. Alat CPAP memang sangat bermanfaat bagi penderita sleep apnea, jika anda memerlukan bisa mencarinya di toko alat kesehatan terdekat, mereka biasanya jual CPAP ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *